5 Cara Tes Keaslian Madu Dan Manfaatnya Untuk Tubuh - Akbme.com

Breaking

Jumat, 17 April 2020

5 Cara Tes Keaslian Madu Dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Di antara banyaknya tawaran iklan, saat membeli madu terkadang kita ragu, apakah yang kita beli madu asli atau bukan. Madu merupakan bahan nektar yang diperoleh oleh lebah dari bunga-bunga. Nektar ini selanjutnya akan dikumpulkan pada sarang lebah. Di dalamnya akan mengalami tiga proses pengolahan hingga sampai menjadi madu.

Madu sebagai salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk pemanis, baik untuk teh, wafel atau kopi. Tak hanya enak, cairan yang menyerupai sirup yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga ini juga menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut sederet manfaat madu bagi tubuh seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Melegakan Tenggorokan

Berdasarkan beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata madu mampu meredakan batuk di malam hari, serta gangguan tidur pada anak-anak yang terkena infeksi saluran napas. Namun perlu diingat, jika madu tak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah usia 1 tahun. Hal ini karena anak di usia tersebut masih belum memiliki saluran cerna yang kuat, sehingga belum mampu mencerna kontaminasi tertentu pada madu.

2. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Penelitian yang dilakukan di laboratorium nutrisi olahraga di University of Memphis menemukan bahwa madu sebanding atau bahkan lebih baik daripada gula untuk menunjang kemampuan ketahanan tubuh atlet.

3. Obat Segala Penyakit

Madu diduga memiliki manfaat yang baik dalam membantu memperkecil risiko terjadinya penyakit kanker, penyakit jantung, dan penyakit berbahaya lainnya. Namun, terkait manfaat ini, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk benar-benar memastikannya.

4. Agen Antibakteri

Salah satu uji klinis yang dilakukan menunjukkan, beberapa jenis madu efektif dalam menghambat pertumbuhan puluhan jenis bakteri, termasuk E. coli dan Salmonella. Salah satu jenis madu dari Selandia Baru, yang dikenal sebagai madu Manuka, dikenal efektif mencegah dan mengatasi infeksi bakteri Staphylococcus yang kerap menyerang hidung maupun kulit, serta bakteri H. pylori yang berperan dalam terjadinya tukak lambung.

Banyak Dipalsukan

Segudang manfaat yang terkandung di dalam madu menjadikan olahan madu dapat ditemukan di berbagai macam produk, seperti makanan, minuman, produk kecantikan, dan lain sebagainya. Melihat besarnya manfaat madu tak heran kebutuhan masyarakat akan madu ini sangat besar. Namun, tak jarang ada oknum nakal yang memanfaatkan peluang ini. Sehingga tak jarang ditemukan madu palsu dan dijual secara bebas di pasaran.

Memang, cukup sulit untuk melihat dan membedakan madu asli tanpa campuran dan madu palsu hanya melalui kemasan saja. Oleh karena itu, Anda harus lebih jeli dan paham dalam membedakan madu asli dan madu palsu. Cukup sulit memang untuk mendapatkan madu dengan kualitas asli ini. Namun, bukan berarti Anda tak bisa mendapatkannya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuktikan keaslian madu. Walaupun cara ini tak bisa dilakukan sebelum membeli, cara ini bisa Anda jadikan pelajaran untuk tidak memilih produk madu yang sama. Berikut cara mengetahui madu asli:

Menguji Madu dengan Kertas

Untuk membedakan madu asli atau campuran, Anda perlu coba meneteskannya atau menuangkannya ke kertas kosong. Setelah itu cobalah untuk merobek kertas yang sudah Anda tuangkan madu tadi. Kalau kertas tidak mudah robek, maka madu itu benar-benar murni atau asli. Namun sebaliknya, apabila kertas tersebut mudah dirobek, maka madu itu palsu atau sudah ada campurannya.

Merebus Madu dengan Menggunakan Sendok

Untuk bisa melihat ciri-ciri madu asli tanpa campuran, Anda bisa merebus madu di atas sendok. Caranya, cukup tuangkan madu ke dalam satu sendok. Kemudian panaskan sendok yang sudah terisi madu di atas lilin atau api.

Kalau madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir atau tumpah dari sendok, maka dapat disimpulkan kalau madu tersebut asli atau murni. Namun, kalau madu tersebut hanya mengeluarkan sedikit busa, maka madu tersebut bisa dikatakan madu palsu atau telah dicampuri dengan bahan lain di dalamnya.

Mencobanya dengan Korek Api

Ciri-ciri madu asli lainnya bisa Anda coba dengan melumuri ujung korek api kayu dengan madu. Kemudian gesekkan ujung korek api yang sudah dilumuri dengan madu untuk dinyalakan. Kalau korek api masih menyala setelah dilumuri madu, maka madu tersebut asli. Sedangkan kalau madu itu palsu atau sudah dicampur dengan bahan lain, maka korek api tidak mau menyala.

Membekukan Madu

Untuk membuktikan madu itu asli atau tidak, Anda bisa mencobanya dengan memasukkan madu ke dalam freezer. Kalau madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, maka madu tersebut asli. Namun kalau madu yang Anda taru di dalam freezer menjadi beku, maka madu tersebut sudah ada campurannya atau palsu.

Meneteskan Madu ke Air

Ciri-ciri madu asli tanpa campuran bisa Anda coba dengan memasukkan tetesan madu ke dalam air. Cukup masukkan satu sendok tetesan madu ke dalam air, kalau tetesan madu tersebut tidak tercampur dengan air dan jatuh ke dasar air, maka madu tersebut asli. Sedangkan tetesan madu yang tercampur atau bahkan terapung dalam air, maka madu tersebut palsu atau sudah ada bahan campurannya.

Nah, itu tadi ulasan mengenai manfaat dan cara mengetahui madu asli . Jangan sampai mengonsumsi madu palsu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar