5 Jembatan Kaca Terindah dan Tertinggi Di Dunia - Akbme.com

Breaking

Jumat, 12 Juni 2020

5 Jembatan Kaca Terindah dan Tertinggi Di Dunia

Fungsi jembatan pada umumnya adalah untuk menghubungkan dua daratan yang terpisah atau terhalang oleh sungai maupun jurang. Jembatan seringnya dibuat dari material seperti kayu, bambu, dan beton. Ketiga material tersebut memiliki kekuatan yang sudah teruji lama.

Seiring perkembangan teknologi, kini jembatan juga mulai dibuat menggunakan kaca yang telah diolah sehingga kokoh menopang beban. Fungsi jembatan juga bergeser tidak hanya untuk menghubungkan dua tempat, tapi juga untuk menikmati pemandangan di bawahnya.

Di dunia, kini begitu banyak jembatan kaca yang tinggi dan panjang, siap dilintasi untuk menguji adrenalin. Berikut ini lima jembatan kaca tertinggi di dunia yang paling populer.

1. Glacier Skywalk

Jembatan kaca Glacier Skywalk atau juga dikenal dengan nama Columbia Icefield Skywalk, terbentang melintasi Lembah Sunwapta. Jembatan ini berada di kawasan Jasper National Park, Kanada. Pada ajang World Architectural Festival tahun 2011, jembatan kaca ini sudah berhasil memenangkan penghargaan karena kekuatannya yang sudah teruji dengan baik.

Jembatan kaca Glacier Skywalk berbentuk setengah lingkaran, yang memiliki panjang 400 meter. Dengan ketinggian 280 meter, saat berada di atas jembatan kaca ini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah di bawahnya sambil memacu adrenalin. Terdapat ribuan pohon di bawah dan gunung berselimut salju yang indah di sekelilingnya.

2. Tianmen Skywalk

Jembatan kaca Tianmen Skywalk tidak seperti jembatan pada umumnya yang biasanya menghubungkan dua lokasi. Jembatan ini melingkari tepi tebing yang sangat curam. Dengan ketinggian mencapai 1.400 meter, pengunjung yang melintasi dijamin kesulitan untuk melihat bagian dasar tebing. Inilah yang memacu adrenalin pengunjung secara drastis.
5 Jembatan Kaca Terindah dan Tertinggi Di Dunia
Kamu bisa merasakan sensasi berjalan di atas awan, karena posisi jembatan kaca ini amat tinggi. Jembatan kaca ini juga dikenal sebagai The Walk of Faith, dengan panjang 60 meter dan ketebalan 2,5 inchi. Untuk melewati jembatan ini kamu butuh mental yang kuat serta pasrah. Lokasi jembatan kaca ini tepatnya berada di Zhangjiajie National Forest Park, Tiongkok.

3. Jembatan Kaca Buntu Burake

Salah satu jembatan kaca tertinggi di dunia juga berada di Indonesia, tepatnya di Tana Toraja, Sulawasi. Diberi nama Jembatan Kaca Buntu Burake, panjang jembatan ini 90 meter di ketinggian 1700 meter mampu menyajikan pemandangan alam Toraja yang menawan. Di atas bukit terdapat patung Yesus yang ikonik, menjulang setinggi 45 meter.

Meskipun tampak mengerikan berjalan di atas kaca, kamu tak perlu khawatir karena kaca yang digunakan memiliki kekuatan yang cukup untuk menopang beban hingga 200 kilogram per meter persegi. Untuk melintasi jembatan kaca ini, kamu diharuskan untuk mengenakan sepatu khusus supaya tidak merusak material kaca dan menjamin keselamatanmu.

4. Zhangjiajie Glass Bridge

Jembatan kaca Zhangjiajie Glass Bridge disebut telah memecahkan rekor dunia sebagai jembatan kaca tertinggi, terpanjang dan terlebar di dunia. Jembatan kaca ini miliki panjang mencapai 430 meter, dengan ketinggian 300 meter dari permukaan tanah. Pemandangan dari jembatan kaca ini memikat pengunjung, mereka rela berfoto sambil rebahan di atasnya.

Jembatan kaca Zhangjiajie Glass Bridge ini dirancang oleh arsitek asal Israel, Haim Dotan. Dilengkapi dengan tempat aktivitas lompat bungee tertinggi di dunia, jembatan ini makin diminati oleh pengunjung dari berbagai belahan dunia. Bagi kamu yang fobia ketinggian dan menderita penyakit serius, pengelola jembatan ini melarang untuk melintasinya.

5. Haohan Qiao Bridge

Daftar terakhir adalah jembatan kaca yang berada di Provinsi Hunan, Tiongkok, bernama jembatan kaca Haohan Qiao Bridge yang memiliki arti manusia pemberani. Nama ini dipilih karena para pengunjung ditantang untuk berjalan di atas ketinggian 180 meter. Panjang jembatan kaca ini pun mencapai 300 meter sehingga kaki semakin mudah untuk bergetar.

Jembatan kaca ini menghubungkan dua puncak pegunungan di kawasan taman nasional Geologi Shiniuzhai. Haohan Qiao pada awalnya adalah jembatan kayu, hingga pada tahun 2015 seluruh bagian jembatan diganti dan menjadi jembatan kaca pertama di Tiongkok. Setiap panel kaca jembatan memiliki tebal 24 milimeter dan 25 kali lebih kuat dari kaca biasa.

Menguji adrenalin di atas jembatan kaca itu boleh saja kamu coba. Tapi perlu diingat juga bahwa keselamatanmu lebih utama maka patuhi setiap aturannya. Dari kelima jembatan kaca di atas, ada yang sudah pernah kamu kunjungi sobat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar